English English Indonesian Indonesian
oleh

Melalui ICMaD 2024, PIP Makassar Rumuskan Dunia Pelayaran Ramah Lingkungan

MAKASSAR, FAJAR – Pengembangan dunia pelayaran ramah lingkungan dan efisiensi energi berkelanjutan sangat penting untuk memastikan industri maritim dapat terus tumbuh dengan meminimalkan dampaknya terhadap lingkungan. Untuk mendukung hal tersebut, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar kembali menggelar The 3rd International Conference On Maritime Development (ICMaD) 2024.

Pada diskusi ini yang digelar di Kampus PIP Makassar pada Rabu (9/10) dan Kamis (10/10) tersebut menghadirkan pembicara tidak hanya dari dalam negeri namun juga diisi oleh praktisi dan dosen internasional. Seperti Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi; Sekertaris BPSDMP, Capt. Wisnu Handoko; Prof. Paul Tae Woo Lee dari Zhejiang University, China; Prof. Dr. Aykut I. Olcer dari World Maritime University Swedia; Prof. Prem Chhetri dari RMIT University Australia; Prof. I Made Ariana dari Institut Sepuluh Nopember Surabaya; dan Capt. Agus Salim mewakili Pertamina serta Korps Alumni Bumi Seram.

Pada pembukaan diskusi ini, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut, Ahmad mengatakan bahwa saat kita menghadapi era perubahan yang cepat yang ditandai dengan permasalahan iklim, kemajuan teknologi, dan dinamika perdagangan yang terus berkembang.

“Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini memerlukan kolaborasi antar pemangku kepentingan industri, investasi dalam penelitian dan pengembangan, dan kebijakan pemerintah yang mendukung untuk menciptakan sektor maritim yang lebih berkelanjutan dan efisien. Saya juga berharap agar ICMaD 2024 dapat ikut merumuskan dunia pelayaran yang ramah lingkungan,” kata Ahmad.

News Feed