English English Indonesian Indonesian
oleh

Japanese Model dan Kebijakan R&D Nasional

Apa yang bisa dilakukan oleh Indonesia untuk meningkatkan kapasistas dan produktifitas R&D-nya? Langkah awal yang dapat dilkukan adalah mengadopsi dan mengadaptasi “Japenese model” dalam pengembangan R&D.  

“Japanese model” yang dimaksud adalah memberikan dukungan langsung pada R&D oleh sektor swasta dalam bentuk subsidi, insentif pajak, dan pemberian kredit berbiaya murah kepada pelaku usaha swasta yang aktif melakukan R&D.

Langkah kedua, memberikan bantuan langsung kepada kegiatan R&D yang dilakukan oleh universitas dan lembaga penelitian. Langkah ketiga, mempromosikan kerja sama R&D dalam bentuk konsorsium peneliti pada bidang yang sama, seperti konsorsium peneliti bidang teknologi manufaktur atau lainnya.

Akhirnya, pemerintah Indonesia perlu menetapkan national champion sebagai industri strategis nasional yang akan menjadi andalan di pasar lokal dan ekspor. Mengarahkan alokasi anggaran R&D dalam rangka meningkatkan keunggulan industri manufaktur strategis nasional pada level global. Membangun kapasitas R&D nasional sehingga setara dengan negara maju dalam 10 tahun ke depan dalam hal penganggaran dan jumlah aplikasi Paten. (*)

News Feed