English English Indonesian Indonesian
oleh

Olah Minyak Sawit Jadi Obat Radang Kulit

Riset Mahasiswa Unhas
Juara 1 di Perisai 2024

FAJAR, MAKASSAR— Tim mahasiswa Unhas Makassar meraih juara satu Lomba Riset Sawit Nasional Tingkat Mahasiswa Tahun 2024. Kompetisi ini digelar Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kementerian Keuangan yang dikemas melalui Pekan Riset Sawit (Perisai) 2024 di Nusa Dua Bali, Jumat, 4 Oktober 2024.

Dalam kompetisi tersebut, tim yang diketuai mahasiswa Farmasi Unhas, Khusnul Humayatul Jannah tersebut mengangkat riset “Pemanfaatan Tokoferol-Tokotrienol Minyak Sawit dan Selulosa Dermatitis Atopik dalam Bentuk Dissolvable Microarray”. Mereka memanfaatkan minyak dari kelapa sawit sebagai pengobatan dermatitis atopik atau peradangan pada kulit.

Selain Khusnul, tim Unhas ini diperkuat oleh Christopher Kosasi dan Jihan Nabilah Isma dari Fakultas Farmasi, serta Felicia Virginia Thios dari Fakultas Kedokteran.

Khusnul Humayatul Jannah S mengatakan dalam kompetisi tersebut, dirinya menggambarkan bagaimana pembuatan obat untuk penderita dermatitis, dibuatkan minyak dari kelapa sawit yang diproses secara aman. Tak hanya minyak sawit saja, ada beberapa campuran yang diberikan

“Bagian dari kelapa sawit ini yang dibuat sebagai obat, dibentuk dissolvable microarclabs berbasis miccelles atau obat luar,” ucapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. Drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., SpBM(K), mengungkapkan prestasi ini menunjukkan kualitas riset yang dihasilkan mahasiswa Unhas. Sekaligus membuktikan bahwa Unhas Makassar memiliki daya saing tinggi di tingkat nasional.

News Feed