English English Indonesian Indonesian
oleh

Gaza Alami Ekosida Terbesar dalam Sejarah Terkini

Dalam sebuah foto yang diambil oleh jurnalis foto Anadolu Mustafa al-Kharouf pada 9 Oktober 2023, peluru artileri M825 dan M825A1, berlabel D528, terlihat jelas.

Label ini dikutip dari Anadolu digunakan oleh Departemen Pertahanan AS untuk merujuk pada amunisi berbasis fosfor putih.

Menurut PBB, amunisi yang tergolong senjata pembakar, termasuk bom fosfor putih, dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada infrastruktur dan lingkungan.

Fosfor putih yang sangat berbahaya ini menyala saat bersentuhan dengan udara dan tidak dapat dipadamkan selama masih ada oksigen.

Saat bersentuhan dengan air, fosfor putih dapat tersembunyi selama bertahun-tahun dan meracuni kehidupan akuatik. Fosfor putih menyebar melalui sumber air ke daerah aliran sungai, lalu ke tanah dan udara. Saat bersentuhan dengan tanaman, fosfor putih akan membunuh tanaman tersebut.

Kerusakan lahan pertanian di Gaza akibat pemboman hebat

Menurut laporan Penilaian Kerusakan Area Pertanian di Jalur Gaza yang diterbitkan bersama oleh Institut Pelatihan dan Penelitian PBB (UNITAR) bekerja sama dengan Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN) dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) pada bulan Juni, produktivitas pertanian di Gaza telah menurun seiring berjalannya waktu akibat perang yang sedang berlangsung.

Berbagai analisis yang dilakukan menggunakan citra satelit Sentinel-2 yang diambil pada tahun 2017 dan 2024 meneliti kerusakan pada pohon dan tanaman pangan.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa pengeboman, kerusakan yang disebabkan oleh kendaraan berat, serangan udara, dan unsur-unsur konflik lainnya telah berdampak parah pada area pertanian.

News Feed