English English Indonesian Indonesian
oleh

Berdayakan Kelompok Masyarakat di Kawasan Desa Wisata

Tim Pengabdian Masyarakat
Unismuh Makassar

MAKASSAR, FAJAR- Tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) kembali melakukan pemberdayaan kepada kelompok masyarakat di Kawasan Karst Maros-Pangkep. Sasarannya adalah Kelompok Tani Hutan (KTH) Lamperangan dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabba Kabupaten Pangkep.

Program ini merupakan bagian dari kegiatan Pemberdayaan Desa Binaan (PDB) yang didanai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dengan durasi pelaksanaan selama tiga tahun. Kegiatan pertama diawali sosialisasi bertajuk “Pengembangan Desa Wisata Smart Agroekoeduwisata berbasis Kawasan Karst Maros-Pangkep”.

Mereka yang terlibat di tim pengabdian merupakan kolaborasi antara dosen Unismuh Makassar dan Universitas Muhammadiyah Pare-Pare, di antaranya Dr Syamsia, SP, M.Si, Dr Andi Rahayu Anwar, SP, M.Si, Rohana, ST, MT, serta Dr. Iradhatullah Rahim, SP, MP.

Ketua Tim PDB Dr. Syamsia menuturkan, kegiatan mencakup pemberdayaan KTH Lamperangan dan Pokdarwis Kabba dengan fokus pada peningkatan produktivitas lahan, kualitas sarana wisata, serta kemampuan manajemen usaha.

Tahun pertama ini, kata dia, pihaknya akan fokus pada budidaya sayuran dengan sistem hidroponik dan pemanfaatan limbah pertanian menjadi pupuk organik. “Selain itu, akan ada renovasi gazebo dan penambahan spot swafoto di kawasan wisata karst Lamperangan,” kata Dr. Syamsia.

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dari program studi Agroteknologi Unismuh Makassar. Program pengabdian masyarakat ini terdiri dari lima tahap: sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan monitoring.

News Feed