English English Indonesian Indonesian
oleh

Belanja Narkoba di Indonesia Capai Rp500 Triliun, BNN Perkuat Pengawasan Perbatasan

FAJAR, JAKARTA–Badan Narkotika Nasional (BNN) gencar melakukan penguatan wilayah perbatasan sebagai salah satu strategi dalam mencegah masuknya narkotika ke Indonesia.

Kepala BNN RI Komjen Pol. Marthinus Hukom juga mengajak seluruh pihak untuk bersama- sama mencegah penyelundupan narkotika ke Tanah Air.

“Strategi kami adalah bagaimana menutup akses para penjahat- penjahat yang mencoba memasukkan narkoba ke Indonesia lewat pintu- pintu tradisional ataupun pintu resmi terutama yang berbatasan dengan Malaysia, sebagai jembatan untuk masuk ke Indonesia dari pusat produksinya di Myanmar,” kata Marthinus Hukom dikutip dari Info Publik, Selasa (8/10/2024).

Ia mengatakan, Indonesia berada dalam kondisi darurat narkoba. Penyalahgunaan narkoba dapat merusak sendi-sendi kehidupan dan menghambat perkembangan negara.

Makanya, upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba terus ditingkatkan untuk melindungi masyarakat dan masa depan Indonesia.

Prevalensi penyalahgunaan narkoba di Indonesia kata dia memapar 3,3 juta jiwa atau 1,73 persen dari total jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2023

Menurut dia, narkoba bukan hanya menjadi ancaman kemanusian, melainkan menjadi ancaman ekonomi, sehingga perlu menjadi perhatian serius. Hal ini dikarenakan total nilai perputaran uang terkait transaksi narkotika di Indonesia bisa mencapai ratusan triliun.

“Kita ketahui peredaran uang di Indonesia dari hasil analisa kita bersama peredaran uang di Indonesia karena membelanjakan kepada hal yang sia-sia yaitu narkoba lebih dari Rp500 triliun,” tandasnya. (amr)

News Feed