English English Indonesian Indonesian
oleh

PJI Sulsel Kembangkan Unit Usaha Agrobisnis dan Bentuk Koperasi

FAJAR, MAKASSAR – Pengurus Daerah (Pengda) Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai mengembangkan unit usaha agrobisnis sebagai bagian dari upaya mendirikan Koperasi Serba Usaha (KSU) yang diberi nama Jurnalis Mandiri Sejahtera.

Unit usaha agrobisnis ini diawali dengan penanaman 2.000 bibit cabai jenis Bhaskara menggunakan metode tanam polybag. Ketua Pengda PJI Sulsel, Syafril Rahmat, menjelaskan bahwa penanaman cabai tersebut dimulai sejak Februari 2024 dan telah mencapai tahap panen pada awal Oktober. Sebagian besar hasil panen akan dijual ke pedagang di pasar-pasar tradisional.

“Hari ini kami mulai panen karena sebagian besar cabai sudah memerah. Ini adalah panen pertama, dan kami berharap di masa depan jumlah panennya bisa lebih besar lagi,” ungkap Syafril dalam kegiatan panen perdana di Kebun Organik PJI Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Minggu (6/10/2024).

Syafril juga menyebutkan bahwa hingga saat ini, pengembangan unit usaha tersebut belum menerima bantuan dari pemerintah. Namun, dia berharap nantinya koperasi yang akan dibentuk dapat memperoleh dukungan permodalan dari pihak perbankan.

“Belum ada bantuan dari pemerintah, semua masih dari swadaya anggota. Kami ingin koperasi ini dikelola secara profesional, sehingga hasilnya bisa digunakan untuk pengembangan organisasi dan kesejahteraan anggota,” jelasnya.

Ke depannya, untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, PJI Sulsel berencana untuk mengadopsi sistem hidroponik, selain menggunakan polybag. “Untuk sementara, kami masih menggunakan polybag, namun nanti kami akan beralih ke hidroponik agar panennya lebih cepat dan kualitasnya lebih baik. Selain cabai, kami juga akan menanam komoditas tanaman lainnya,” tambah Syafril.

News Feed