English English Indonesian Indonesian
oleh

Roadtrip Pick-up Layar Tancap: Berantas Korupsi Hingga Pelosok

FAJAR, MAKASSAR-Road Trip Layar Tancap merupakan sebuah program kerja sama Anti Corruption Film Festival (ACFFEST) KPK bersama Tobaine Project, salah satu diantara sembilan proposal terpilih pada Kompetisi Event Screening SinemAksi (Sinema Antikorupsi).

Tobaine Project merupakan kelompok film independen yang berdomisili di Kota Makassar – Sulawesi Selatan. Tobaine Project berdiri sejak tahun 2019 yang dibentuk oleh para perempuan untuk menjemput dan menciptakan ruang aman dalam berkarya. Tobaine Project juga kerap kali mengadakan program pemutaran atau distribusi film, sebab kami percaya, hal menyenangkan setelah membuat film adalah mengantarkan film bertemu penontonnya dengan riang gembira, walau sampai ke pelosok.

Film sebagai medium untuk memperkenalkan prinsip anti korupsi dengan cara sederhana dan menyenangkan. Ketujuh film yang ditayangkan tersirat pesan dan praktik prinsip anti korupsi pada kehidupan sehari-hari kita. Bagaimana praktik anti korupsi pada lingkungan sekitar kita? Seperti apa upaya yang terus dilakukan untuk terus meningkatkan kesadaran berperilaku anti korupsi? Dan bagaimana cita-cita kita untuk generasi kedepan? Adakah yang telah terwujud?

Program ini bertujuan untuk membicarakan prinsip dan praktik anti korupsi di lingkungan kita hari ini, dengan menengok pemikiran para tokoh penting dan usahanya untuk menanamkannya pada masyarakat daerah yang akan dikunjungi.

Kegiatan Layar Tancap ini akan dilakukan di tiga titik daerah Sulawesi Selatan dan Barat, yaitu: pertama Desa Tompo Bulu – Pangkep, Kedua Dusun Karangan – Enrekang, ketiga bergeser sedikit ke Barat ke Desa Mampie, Mandar tepatnya di Rumah Penyu Mampie. Dengan konsep Roadtrip, Tobaine Project akan berkeliling menggunakan mobil Pick-Up sebagai icon dari program ini selama 10 hari mulai tanggal 24 September hingga 3 Oktober 2024.

News Feed