English English Indonesian Indonesian
oleh

Energi Hijau dari PLTS Atap TSM, Bantu PLN Ciptakan Lingkungan yang Lebih Bersih

FAJAR, MAKASSAR — Teriknya matahari di Makassar, menjadi kesempatan untuk berhemat dan “menyehatkan” lingkungan.

Sejak beroperasi pada Agustus 2024, manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap milik Trans Studio Mall (TSM) Makassar sejauh ini telah menyumbang pengurangan emisi karbon sebesar 3,3 juta CO2.

Bahkan diperkirakan, PLTS Atap ini mampu menghasilkan sekitar 3,7 juta kWh energi bersih setiap tahun. Hal ini turut membantu PLN mengurangi pemakaian energi listrik yang berlebihan.

Public Relations Executive TSM Makassar, Rizky Maulidiana Haris, mengatakan, PLTS Atap telah berkontribusi sekitar 10 persen dari total daya listrik yang terpasang di TSM Makassar.

Meski demikian, kata dia, jumlah penghematan biaya listrik per bulan dapat bervariasi. Bergantung pada kondisi cuaca dan seberapa optimal energi surya yang bisa dimanfaatkan.

“Faktor cuaca sangat memengaruhi efisiensi produksi listrik dari PLTS Atap ini,” ungkapnya, Minggu, 6 Oktober 2024.

Untuk memastikan PLTS Atap ini dapat beroperasi dengan performa optimal selama 20 tahun masa operasionalnya, TSM Makassar mendapatkan layanan Operations & Maintenance (O&M) secara rutin dari Xurya.

Layanan O&M ini membantu menjaga keandalan sistem dan memastikan bahwa PLTS Atap di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Makassar itu, dapat terus memberikan kontribusi energi bersih dan berdampak positif secara konsisten.

“Langkah penerapan PLTS Atap ini, tidak hanya membuktikan komitmen terhadap penggunaan energi terbarukan. Tetapi juga menjadi bagian dari upaya berkelanjutan dalam mendukung praktik ramah lingkungan,” ujar Rizky.

News Feed