English English Indonesian Indonesian
oleh

Menit Main Pemain Muda Terbanyak Jatuh kepada Pemain PSM Ini…

MAKASSAR, FAJAR–PSM terbilang berani. Mengarungi liga dengan skuad didominasi usia muda.

TAHUN ini menjadi bukti skuad PSM Makassar kembali mempertahankan tradisi sebagai salah satu tim dengan rataan usia pemain termuda di Liga 1.
PSM merupakan tim dengan rataan pemain termuda di posisi pertama, disusul Balu United, Persija Jakarta, Persib Bandung, dan Barito Putra.

Skuad asuhan pelatih Bernardo Tavares ini memiliki rataan usia pemain, yaitu 23,6 tahun dari 33 pemain yang dimiliki saat ini. PSM melibatkan 17 pemain jebolan akademi di skuad utama dari total 32 pemain.
Ini berarti, 53,12 persen skuad PSM dihuni oleh pemain muda yang merupakan hasil pembinaan akademi PSM. Ini tentunya melanjutkan tradisi yang dilakukan semenjak tim berjuluk Juku Eja ini ditangani oleh pelatih Bernardo Tavares.

Dari tujuh pertandingan yang sudah dimainkan di Liga 1 musim 2024/2025 ini, sudah ada tujuh pemain telah diberi kesempatan bermain. Masih ada enam lainnya masih menjadi penghangat bangku cadangan.

“Jarang ada pelatih yang berani begini,” nilai pengamat sepak bola Assegaf Razak soal keberanian Bernardo Tavares memainkan skuad muda.

Langkah ini perlu diapresiasi, apalagi Pasukang Ramang memang selalu menjadi salah satu lumbung penghasil Ramang Muda, baik level lokal, maupun timnas.

Bagi pemain muda yang telah mendapatkan menit bermain, mereka pun tidak menyia-nyiakan kesempatan. Mereka ikut memberikan kontribusi besar di tim.

Salah satunya adalah pemain muda Ananda Raehan yang tercatat sebagai pemain muda dengan menit bermain terbanyak.

News Feed