English English Indonesian Indonesian
oleh

HUT TNI ke-79 di Bantaeng, TNI Dituntut Kedepankan Kepentingan Rakyat

HARIAN.FAJAR.CO.ID, BANTAENG — Pj. Bupati Bantaeng, Andi Abubakar menghadiri Uupacara peringatan HUT TNI ke-79 Tahun yang terpusat di Lapangan Pantai Seruni, Sabtu, 5 Oktober 2024. Bertindak sebagai inspektur upacara, Dandim 1410 Bantaeng Letkol Inf. Eka Agus Indarta.

Dalam amanat panglima TNI, yang dibacakan Dandim 1410 Bantaeng, Letkol Inf. Eka Agus Indarta disampaikan, tahun ini ulang tahun Tentara Nasional Indonesia mengusung tema, ‘TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Untuk Indonesia Maju’.

Tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Makna yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu Prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI. Serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Juga, perkembangan lingkungan strategis yang diikuti perubahan politik, ekonomi dan teknologi terus berkembang secara dinamis dan makin kompleks. Selain telah menciptakan dimensi dan spektrum peperangan baru, juga membawa dampak disrupsi di segala bidang kehidupan.

Perkembangan situasi ini harus terus dikuti dan menjadi dasar dalam penyiapan kapabilitas TNI dari waktu ke waktu. Untuk itu, TNI perlu diawaki oleh sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan berkemampuan inovatif dalam membangun institusi yang modern.

News Feed