English English Indonesian Indonesian
oleh

HMJ Jurnalistik Tanam 1.900 Bakau Lindungi Garis Pantai

FAJAR, PANGKEP – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin menggelar kegiatan penanaman 1.900 pohon bakau di Dusun Binangatoa, Desa Bontomanai, Kecamatan Labbakkang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), pada Sabtu, 5 Oktober.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Pekan Raya Jurnalistik (PRJ) yang akan diselenggarakan pada bulan Desember mendatang, bekerja sama dengan pemerintah Desa Bontomanai.

Ketua Panitia, Nur Hikmah Anugrah Ayu, menyatakan bahwa isu lingkungan mendapatkan perhatian khusus pada tahun ini. Sebagai tindakan nyata, dilakukan penanaman bakau dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya melindungi garis pantai dari ancaman abrasi. Selain itu, penanaman ini juga merupakan upaya mitigasi bencana.

“Penanaman bakau ini diharapkan dapat memberikan perlindungan alami dari dampak negatif yang mungkin ditimbulkan akibat perubahan lingkungan,” jelasnya.

Kepala Desa Bontomanai, H. Erwin, mengapresiasi inisiatif mahasiswa Jurnalistik tersebut. Menurutnya, kegiatan ini dapat membantu menyerap Karbon Dioksida (CO2) di lingkungan setempat dalam jangka panjang.

“Mungkin sekarang kita belum bisa merasakan manfaatnya, tapi anak cucu kita di masa mendatang akan menikmati hasil dari penanaman bakau ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Desa Bontomanai memiliki sekitar 20 hektar lahan yang dialokasikan untuk penanaman bakau. Namun, hingga saat ini, hanya 0,3% dari area tersebut yang berhasil ditanami dengan baik, banyak di antaranya berkat upaya mahasiswa.

News Feed