English English Indonesian Indonesian
oleh

YKPI dan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia Lakukan Transplantasi Karang Model Penyu di Pulau Barrang Caddi

FAJAR, MAKASSAR — Berbagai komunitas hadir pada kegiatan penurunan modul transplantasi karang model penyu di Pulau Barrang Caddi pada, Rabu, 2 Oktober 2024.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Yayasan Kitaji Pinisi Indonesia (YKPI) tersebut didukung oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia guna mendorong peningkatan keanekaragaman hayati khususnya ekosistem terumbu karang sebagai ekosistem kunci di perairan khususnya pulau-pulau kecil.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan di mana terlebih dahulu telah dilakukan bimbingan teknis serta survei perairan untuk mengetahui kondisi oseangorafi dan ekosistem karang yang telah eksis,” ujar Ketua Pelaksana Kegiatan dari YKPI, Muh Imran Lapong.

Tokoh masyarakat dan komunitas pemuda Penyu Lestari Pulau Barrang Caddi turut dilibatkan sejak awal kegiatan.

“Harapan kami semoga adanya kegiatan ini dapat mengaktifkan lagi kegiatan lingkungan oleh anak-anak muda di pulau,” ungkap Tabrani sebagai salah satu tokoh masyarakat.

Transplantasi karang di Pulau Barrang Caddi yang tengah dilakukan saat ini cukup berbeda dari kegiatan serupa yang telah dilakukan. Pengambilan fragmen karang dilakukan di media pembibitan karang yang telah tersedia di Pulau Barrang Caddi. Sehingga kegiatan transplantasi tidak lagi mengambil bibit karang alami yang justru dapat menurunkan tutupan.

“Pemindahan fragmen karang dari media pembibitan akan kami lakukan secara bertahap dan semoga ini bisa menjadi best practice untuk kegiatan transplantasi karang yang berkelanjutan,” harap Imran.

News Feed