English English Indonesian Indonesian
oleh

Guru di Maros Antusias Instal dan Gunakan Aplikasi Aksara Lontara sebagai Media Pembelajaran

FAJAR, MAROS-Tim Pengabdian Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin (FIB Unhas) mengadakan kegiatan pelatihan bagi para guru Muatan Lokal Bahasa Daerah di Kabupaten Maros pada 2-3 Oktober 2024.
Pelatihan ini mengusung tema “Aktivasi dan Penggunaan Karakter Lontara pada Aplikasi Online Sebagai Media Pembelajaran Interaktif.”

Bertempat di SD Negeri 234 Barambang II, kegiatan ini dihadiri oleh para guru bahasa daerah Bugis, yang sangat antusias belajar tentang cara menginstal dan menggunakan font serta karakter Lontara dalam media pembelajaran digital.

Tim pengabdian ini dipimpin Dr. Firman Saleh, S.S., S.Pd., M.Hum., dengan anggota Haeruddin, S.S., M.A., dan Dr. Andi Agussalim, S.S., M.Hum. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan karakter Lontara, aksara tradisional Bugis, dalam konteks pembelajaran daring. Para guru diajarkan teknik aktivasi karakter Lontara untuk mengembangkan materi ajar yang interaktif dan relevan dengan pembelajaran modern.

Pelatihan dimulai dengan pemaparan oleh Dr. Firman Saleh mengenai “Aktivasi dan Penggunaan Aksara Lontara” yang disampaikan secara interaktif dengan bantuan video serta instruksi instalasi aksara Lontara pada perangkat HP dan laptop. Materi dilanjutkan oleh Dr. Andi Agussalim dengan topik “Penggunaan Aplikasi Interaktif dalam Pembelajaran,” yang melibatkan peserta langsung dalam simulasi penggunaan aplikasi interaktif.

Menurut Haeruddin, pelatihan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan visi misi Unhas. Ia juga memberikan ice-breaking yang menghidupkan suasana pelatihan, sehingga para peserta semakin aktif dan bersemangat mengikuti kegiatan.

News Feed