English English Indonesian Indonesian
oleh

Presiden AS Joe Biden Ingatkan Israel jangan Serang Situs Nuklir Iran jika Ingin Balas Menyerang

FAJAR, WASHINGTON–Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan bahwa Israel memiliki hak untuk menanggapi serangan rudal Iran pada Selasa malam – tetapi tidak boleh menargetkan situs nuklir.

Presiden mengatakan kepada wartawan bahwa mereka akan membicarakan serangan Iran ini dengan pihak Israel yang merupakan sekutu mereka.

“Kami akan berdiskusi dengan Israel tentang apa yang akan mereka lakukan, tetapi ketujuh dari kami [negara G7] setuju bahwa mereka memiliki hak untuk menanggapi tetapi mereka harus menanggapi secara proporsional,” jelasnya dikutip dari LBC News.

Ketika ditanya apakah ia akan mendukung serangan Israel terhadap situs nuklir Iran, Biden dengan tegas berkata, “tidak”.

Inggris juga tetap memberikan dukungan. Perdana Menteri Inggris, Keir Starmer mengatakan bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri dari agresi yang tidak dapat diterima yang dilakukan Iran, tetapi mendesak untuk menahan diri.

“Tidak seorang pun menginginkan perang regional. Serangan Iran tidak dapat ditoleransi,” kata Perdana Menteri Inggris kepada wartawan pada hari Rabu waktu setempat.

Menteri Pertahanan John Healey telah mengonfirmasi bahwa pasukan Inggris memainkan peran mereka dalam mendukung Israel setelah Iran meluncurkan rentetan rudal. (amr)

News Feed