English English Indonesian Indonesian
oleh

Serap Capex USD174 Juta, Progres Pembangunan PT Vale IGP Morowali Signifikan Dukung Pertumbuhan Ekonomi

FAJAR, MOROWALI — Hingga September 2024 proyek PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) Indonesia Growth Project (IGP) Morowali sedang dalam fase konstruksi telah menunjukkan kemajuan signifikan di kuartal ketiga, dengan adanya laporan progres keseluruhan mencapai 53 persen yang informasinya diterbitkan hari ini.

Industri pertambangan memiliki andil besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Kehadirannya mampu membuka lapangan kerja dan lapangan usaha sehingga mampu menyerap tenaga kerja. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Morowali tahun 2024, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Morowali mencapai 7,5 persen, jauh di atas rata-rata nasional, menunjukkan kontribusi sektor pertambangan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai 65 persen.

Besarnya kontribusi sektor pertambangan tersebut memacu semangat manajemen PT Vale IGP Morowali untuk memaksimalkan target konstruksi yang akan mendukung aktivitas operasional nantinya.

Proyek ini mencakup pembangunan infrastruktur vital seperti pelabuhan, tambang, dan fasilitas perkantoran yang tidak hanya mendukung produktivitas, tetapi juga menjaga kelestarian lingkungan serta pemberdayaan masyarakat.

Progres pembangunan ini menyerap capital expenditure (Capex) PT Vale mencapai USD174 juta atau setara dengan Rp2,66 triliun dari total investasi sebesar USD399 juta. Hal ini menegaskan komitmen kuat PT Vale terhadap pengembangan ekonomi berkelanjutan dan kontribusi nyata di Kabupaten Morowali.

Head of Bahodopi Project Wafir mengatakan, proyek IGP Morowali menunjukkan kemajuan besar dalam berbagai aspek infrastruktur. Hingga saat ini, IGP Morowali telah menyelesaikan perbaikan tanah menggunakan metode Stone Column di area pelabuhan dan jembatan penyeberangan (overpass). Metode Stone Column, berfungsi mencegah likuefaksi dengan mengisi kolom di bawah tanah menggunakan kerikil atau batu pecah, untuk memastikan keberlanjutan proyek, serta memastikan keamanan operasional di masa mendatang.

News Feed