English English Indonesian Indonesian
oleh

Segera Tuntaskan AKD, DPRD Bone Lantik Waket I dan III

FAJAR, BONE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone telah melantik dua Wakil Ketua (Waket) baru, yaitu Wakil Ketua I dan Wakil Ketua III.

Pelantikan kedua pimpinan tersebut dilangsungkan di Gedung DPRD Bone, Kompleks Stadion Lapatau, pada Senin, 30 September 2024.

Muhammad Asrullah dari PKB menjabat sebagai Wakil Ketua I, sedangkan Khairul Amran dari PPP diangkat sebagai Wakil Ketua III.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Bone, Ishan Samin, menjelaskan bahwa pelantikan ini hanya melibatkan dua pimpinan. Sementara itu, pelantikan Ketua DPRD dan Wakil Ketua II belum dapat dipastikan.

Menurut Ishan, penundaan ini disebabkan belum adanya rekomendasi dari partai politik yang bersangkutan, yaitu Partai Gerindra sebagai pemegang kursi Ketua DPRD dan Partai Golkar sebagai pemegang kursi Wakil Ketua II.

“Penetapan pimpinan DPRD ini merupakan keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing partai yang memiliki jatah posisi tersebut,” jelas Ishan.

Lebih lanjut, Ishan menambahkan bahwa pelantikan ini sudah sesuai dengan rekomendasi dan edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yang memungkinkan pelantikan dilakukan apabila partai politik telah mengusulkan nama calon pimpinan.

Urgensi pelantikan ini, menurutnya, agar proses kepengurusan di DPRD bisa segera dilanjutkan, mengingat masih ada sejumlah hal yang harus diselesaikan, seperti pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

“Ini adalah komitmen DPRD untuk merespons hal-hal yang perlu segera dikerjakan, karena kewenangan pimpinan sementara sangat terbatas,” tambahnya.

News Feed