English English Indonesian Indonesian
oleh

Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Gelar Patroli Dialogis, Berikan Imbauan Damai Jelang Pilkada

FAJAR, MAKASSAR — Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Pelabuhan Makassar melaksanakan patroli dialogis di sejumlah wilayah strategis, guna menjaga situasi kamtibmas yang kondusif menjelang yang akan segera digelar.

“Dalam patroli ini, personel Satbinmas aktif memberikan imbauan kepada warga terkait pentingnya menjaga kedamaian dan keamanan selama proses Pilkada berlangsung,” ujar Kasubsipenmas Polres Pelabuhan Makassar, Aipda Adil, Selasa, 1 Oktober 2024.

Ia mengatakan, bahwa patroli dialogis ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara polisi dan masyarakat serta memperkuat partisipasi warga dalam menjaga ketertiban umum. “Polri ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga suasana yang damai dan sejuk menjelang Pilkada. Pilihan boleh berbeda, tapi persatuan dan persaudaraan harus tetap dijaga,” ujarnya.

Selama patroli, petugas berinteraksi langsung dengan warga di tempat-tempat keramaian seperti pasar, terminal, dan pemukiman penduduk. Dalam kesempatan tersebut, Satbinmas juga mengingatkan warga untuk tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum jelas kebenarannya, serta mengajak semua pihak untuk memerangi hoaks dan ujaran kebencian yang kerap muncul di masa-masa politik.

“Mari kita sukseskan Pilkada dengan damai. Hindari gesekan yang bisa memicu konflik, serta tetap junjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan kebersamaan,” lanjut Aipda Adil.

Ia juga menekankan bahwa partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga situasi tetap kondusif sangat penting untuk menciptakan Pilkada yang aman, jujur, dan adil.

News Feed