English English Indonesian Indonesian
oleh

Sosialisasi Cegah Pernikahan Dini: Peserta Magang Unismuh Makassar Edukasi Siswa SMK YPLP 1 PGRI

MAKASSAR, FAJAR — Mahasiswa Magang Mandiri Program Studi Ilmu Administrasi Negara (ADN) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tamalate mengadakan kegiatan sosialisasi terkait pernikahan dini di SMK YPLP 1 PGRI Makassar, Selasa (01/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya pelajar, mengenai dampak dan risiko pernikahan pada usia muda.

Acara yang dihadiri oleh siswa, penyuluh, dan beberapa mahasiswa tersebut, mendapatkan sambutan hangat dari Kepala SMK YPLP 1 PGRI Makassar, Drs. H. Satrudin.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Ia juga mengungkapkan rasa syukurnya karena sosialisasi ini merupakan edukasi yang sangat dibutuhkan, mengingat beberapa tahun terakhir banyak siswa di sekolah tersebut yang terlibat dalam pernikahan dini.

Ketua KUA Tamalate Kota Makassar, Muhiddin, S.Ag., M.A., yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menegaskan pentingnya pemahaman yang lebih mendalam mengenai pernikahan dini.

Menurutnya, pernikahan dini tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, terutama bagi remaja perempuan yang belum siap secara biologis, tetapi juga mempengaruhi kondisi psikologis dan ekonomi keluarga di masa depan. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih bijak dalam menentukan usia yang tepat untuk menikah.

Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara Unismuh Makassar sekaligus pendamping lapangan, Dr. Nur Wahid, S.Sos., M.Si, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat yang wajib dilaksanakan oleh peserta magang.

News Feed