English English Indonesian Indonesian
oleh

Pj Bupati Bantaeng Resmikan Ruang Layanan Kemoterapi RSUD Prof Anwar Makktutu

HARIAN.FAJAR.CO.ID, BANTAENG –, Penjabat (Pj) Bupati Bantaeng, Andi Abubakar, menghadiri sekaligus meresmikan Layanan Kemoterapi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. H. M. Anwar Makktutu yang dirangkaikan pula Penandatanganan Kerjasama dengan BPJS Kesehatan, kegiatan ini berlangsung di ruang pertemuan Lantai delapan RSUD Prof. Dr. H. M. Anwar Makktutu, selasa (1/10).

Layanan ini hadir dilatarbelakangi oleh meningkatnya kasus kanker yang berada di Kabupaten Bantaeng dan wilayah sekitarnya, seperti Kabupaten Jeneponto, Bulukumba, Selayar, dan lain sebagainya. Hadirnya layanan kemoterapi di RSUD Prof. Dr. H. M. Anwar Makkatutu menjadikan Kabupaten Bantaeng sebagai primadona di sulawesi selatan.

Direktur RSUD Prof. Anwar Makkatutu Bantaeng dr.H.Sultan M.Kes dalam sambutan mengatakan bahwa pelayanan kemo diinisiasi dan digagas sejak tahun 2022 oleh pemerintahan kabupaten Bantaeng Bupati sebelumnya DR.Ilhamsyah Azikin dan Perizinan kemoterapi diterbitkan oleh Dinas Kesehatan kabupaten Bantaeng pada tanggal 1 Maret 2023.

“Bukan saja kita melayani warga Kabupaten Bantaeng saja, tapi dari luar daerah tetangga dari Jeneponto kita layani semua di RS tercinta kita ini,” imbuhnya.

Layanan kemoterapi ini hadir dengan sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia yang unggul. Terapi bagi pasien kanker ini ditangani langsung oleh Dokter Spesialis Bedah Onkologi, 3 perawat dan 1 apoteker yang telah tersertifikasi.

Seluruh pelayanan kemoterapi dicover penuh oleh BPJS Kesehatan sehingga masyarakat peserta JKN-KIS yang memanfaatkan fasilitas kemoterapi tidak perlu khawatir akan biaya pengobatannya. Selain itu, hadirnya layanan kemoterapi di Kabupaten Bantaeng ini memberi solusi pasien kanker di Kabupaten Bantaeng dan wilayah sekitarnya yang harus menempuh jarak yang sangat jauh dan biaya yang cukup besar untuk melakukan kemoterapi rutin di Kota Makassar.

News Feed