English English Indonesian Indonesian
oleh

Tingkat Kepuasan Publik terhadap Jokowi Capai 86,5 Persen

“Keberhasilan Presiden Jokowi dalam mengelola proyek strategis nasional dan menjaga stabilitas politik juga menjadi faktor utama di balik tingginya kepuasan publik ini,” tambah Hanta.

Selain itu, pembangunan yang merata di luar Pulau Jawa mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat.

Meskipun demikian, berbagai tantangan besar masih menunggu pemerintahan berikutnya.

Indonesia harus menghadapi isu kesenjangan ekonomi, perubahan iklim, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam menyongsong era globalisasi dan digitalisasi.

Pengamat politik Denny Januar Ali menyatakan bahwa meski Presiden Jokowi meraih tingkat kepuasan yang tinggi, pemerintahan berikutnya harus fokus pada isu-isu mendasar seperti pendidikan, kesehatan, dan daya saing industri lokal di pasar global.

Survei Poltracking Indonesia ini juga memberikan sinyal positif bagi estafet kepemimpinan berikutnya. Tingginya kepercayaan publik kepada Presiden Jokowi diharapkan dapat menjadi modal bagi pemimpin baru untuk melanjutkan kebijakan yang pro-rakyat dan mempercepat pembangunan di berbagai sektor.

“Kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap Jokowi menunjukkan harapan akan kesinambungan kebijakan pro-rakyat, terutama dalam bidang infrastruktur, digitalisasi, dan ekonomi hijau,” ujar Hanta Yuda. (amr)

News Feed