English English Indonesian Indonesian
oleh

Menyapa Pedagang di Pasar Sentral Minasa Maupa Sungguminasa, Danny Dengar Keluhan dan Harapan

FAJAR, GOWA – Calon Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Moh. Ramdhan Pomanto, memulai kampanye perdananya dengan mengunjungi Pasar Sentral Minasa Maupa di Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Senin (30/9/2024) pagi.

Setibanya di pasar, Danny Pomanto disambut dengan seruan “Gubernurku”. Momen ini dimanfaatkannya untuk mendengarkan keluhan dan harapan para pedagang.

Setelah berkeliling dan berdialog dengan para pedagang, ia menilai bahwa Pasar Minasa Maupa merupakan pusat perekonomian di Sulsel, khususnya di Kabupaten Gowa.

Dengan pengalaman memimpin Kota Makassar selama dua periode, serta dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, ia dan Calon Wakil Gubernur Azhar Arsyad siap membangun Kabupaten Gowa menjadi lebih baik. Potensi besar di sektor perkebunan Kabupaten Gowa, menurutnya, dapat berperan penting dalam mendukung kebutuhan komoditas perkebunan di Sulsel.

“Pasar ini tentu menjadi indikator perekonomian Sulsel, bukan hanya Kabupaten Gowa. Saya melihat pasar ini sebagai pusat untuk produk sayur-mayur dan buah-buahan, hasil bumi yang sangat potensial,” ungkap Danny Pomanto.

Namun, ia juga mencatat bahwa harga jual di pasar ini masih relatif rendah. Sebagai contoh, harga cabai di Pasar Minasa Maupa hanya Rp17 ribu per kilogram, sementara di pasar tradisional di Kota Makassar, harganya bisa mencapai Rp30 ribu per kilogram.

“Jika ada mekanisme pasar yang sehat, nilai tambah bisa dinikmati oleh pedagang. Saya perlu belajar lebih banyak tentang keluhan mereka. Mereka bilang omzet kadang turun, dari Rp800 ribu menjadi Rp500 ribu,” jelasnya.

News Feed