English English Indonesian Indonesian
oleh

AKBP Nur Ichsan, Polisi Humanis Penuh Dedikasi dan Inovasi

“Ada pengalaman yang tak akan dilupakan bersama Komandan Nur Ichsan yaitu saat program pemerintah untuk melaksanakan vaksin, beliau (Nur Ichsan) langsung bilang sama saya ‘ini bukan jabatan saya sebagai Danyon ajak untuk vaksin, tetapi sebagai kakak yang mengajak’ tanpa berpikir panjang saya langsung iyakan ajakan itu,” kenang advokat kelahiran Arasoe ini.

Selama bertugas kurang lebih enam tahun menakhodai Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Nur Ichsan, banyak memberikan torehan prestasi serta inovasi yang memberi wajah baru kepada Batalyon Brimob Bone.

Salah satu pencapaian paling inspiratif dari AKBP Nur Ichsan ialah di tengah pandemi Covid-19, Nur Ichsan berhasil mengarahkan personelnya untuk menghasilkan karya seni musik melalui Grup Perkusi Tenribetta.

Grup ini berhasil mengaransemen lagu “Ramadan Tiba” menjadi sebuah imbauan terkait protokol kesehatan, yang kemudian viral dan mendapat sorotan luas di media nasional.

Penghargaan dari Mabes Polri dan Polda Sulsel pun datang sebagai apresiasi atas kreativitas tersebut.

Tak hanya di bidang seni, Nur Ichsan juga menghadirkan inovasi di bidang teknologi dengan menciptakan aplikasi Panggilan Luar Biasa (PLB) Tenribetta. Aplikasi yang dapat diunduh pada ponsel berbasis Android ini memungkinkan personel Batalyon C Pelopor mendapatkan notifikasi serta lokasi akurat tentang perintah dan tugas yang dilaksanakan, hal ini memungkinkan semua personel dapat merespon cepat setiap tugas secara real-time.

Tidak sampai di situ saja, Nur Ichsan membawa Yon C menjadi pasukan Brimob cepat tanggap memberikan bantuan kepada masyarakat tertimpa musibah di wilayah tugas Yon C meliputi Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo, Sinjai, Bulukumba, dan Selayar.

News Feed