English English Indonesian Indonesian
oleh

Tahanan Meninggal, Polres Kota Palu Bilang Demam, Keluarga Duga Dianiaya, DPR Minta Polda Sulteng Jelaskan

FAJAR, JAKARTA– Tahanan Polres Kota Palu, atas nama Bayu Adhitiyawan meninggal di dalam sel. Polisi bilang demam. Keluarga duga alami penganiayaan. 

Keluarga mendapati sejumlah kejanggalan ketika memandikan jenazah, seperti adanya luka yang masih mengeluarkan darah, darah yang keluar dari mulut dan memar pada tubuh.

Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari meminta Polda Sulteng terbuka dalam mengindentifikasi penyebab meninggalnya Bayu.

“Kronologi penyebabnya harus terbuka. Polda Sulteng harus mengedepankan kinerja profesional,” tuturnya dalam agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR RI dengan Kapolda Sulteng dan Polres Palu, di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2024).

Ia menyampaikan berita acara kematian yang diberikan Polresta Palu yang menyebutkan bahwa diagnosa kematian diakibatkan sakit asam lambung, demam tinggi, dan sesak napas.

“Setiap tahanan itu merupakan tanggung jawab negara sehingga setiap tahanan yang meninggal keluarga wajib disampaikan hak-haknya yang didapatkan”, ungkapnya.

Bayu Adhitiawan ditahan Polresta Palu pada 2 September 2024. Ia dinyatakan meninggal dunia pada 13 September 2024. Bayu meninggal di Rumah Sakit Bhayangkara Palu. (amr)

News Feed