English English Indonesian Indonesian
oleh

Kuliah Umum FH Unhas Hadirkan Plt Deputi Bidang Pencegahan BNN RI

FAJAR, MAKASSAR – Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH Unhas) menggelar kuliah umum bertajuk “Geopolitics and Drug Trafficking Overview” pada Kamis, 26 September 2024. Kegiatan ini berlangsung secara luring di Gedung Baruga Baharuddin Lopa, Fakultas Hukum Unhas.

Kuliah umum tersebut menghadirkan narasumber Brigjen Pol Dr. Drs. Guruh Achmad Fadiyanto, M.H., yang merupakan Plt. Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI). Dalam paparannya, Guruh membahas secara komprehensif situasi geopolitik global dan penyelundupan narkotika.

Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., M.A.P., membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya kuliah umum ini karena relevansi dengan kondisi geopolitik dunia saat ini.

“Maraknya peredaran narkotika melalui penyelundupan menjadi topik yang sangat penting untuk dibahas, tidak hanya dalam forum-forum informal, tetapi juga di forum resmi seperti kuliah umum ini. Kehadiran narasumber dari BNN RI diharapkan dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa FH Unhas tentang situasi internasional saat ini dan langkah-langkah pencegahan peredaran narkotika secara nasional. Mengingat, Indonesia masih menghadapi masalah peredaran narkotika yang meluas ke berbagai lapisan masyarakat, baik ekonomi menengah bawah maupun menengah atas,” ucapnya.

Dalam pemaparannya, Brigjen Guruh menjelaskan bahwa perang yang terjadi di Timur Tengah belakangan ini sangat memengaruhi peredaran narkotika dan penyelundupan senjata.

News Feed