English English Indonesian Indonesian
oleh

16 Barista di Sulawesi, Ikut Masterclass Manual Brewing Kopidukasi

FAJAR, MAKASSAR — Lembaga Kursus dan Pelatihan Lembaga Pelatihan Kerja (LKP LPK) Kopidukasi kembali memberikan pelatihan untuk para master class.

Kali ini tentang Teknik menyeduh kopi atau
Manual brewing. Total peserta dibatasi atau hanya memiliki kuota 16 orang barista.

Mereka ini yang mengikuti master class tersebut yang instrukturi oleh coach Christ Hartono yang merupakan founder Nordic Coffe. Dilaksanakan di Nordic Coffe Makassar, Center Point Indonesia (CPI), Jumat, 27 September.

Direktur Utama LKP LPK Kopidukasi, Irsan Yumenk mengatakan, master class kali ini merupakan yang keenam di tahun 2024.

Diangkatnya master class brewing ini, sebagai salah satu persiapan para barista untuk ikut kesiapan dasar mengikuti pertandingan bagaimana cara menyeduh kopi secara manual.

“Kita mau barista ini tahu teknik menyeduh kopi secara manual tanpa menggunakan mesin espresso atau mesin khusus lainnya,” ucapnya.

Teknik ini kata dia, menggunakan kertas penyaring khusus. Salah satu teknik manual brewing adalah pour over yang menggunakan alat V60.

“Sama seperti sebelumya para peserta berasal dari beberapa barista kafe. Mereka diberikan teori, sharing, tanya jawab dan praktek,” ungkapnya.

Untuk pelatihannya, peserta rata-rata dari Sulsel dan luar sulsel. Dilaksanakan hanya sehari atau 4 jam.

“Tema brewing salah satu bidang kompetisi kopi yang banyak penggemarnyax Pentingnya brewing ini karena dibutuhan sehari-hari,”ucapnya.

Founder Nordic Coffe sekaligus IBRC & ILAC National Judge, Christ Hartono mengatakan masih banyak yang belum faham atau buta arah dalam brewed.

News Feed