English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim PKM UNM Lakukan Pemberdayaan Pertanian Berkelanjutan Lewat Teknologi Pompa Irigasi Sawah Berbasis Tenaga Surya

“Sistem irigasi bertenaga surya ini merupakan inovasi yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan air dan energi dalam pertanian, sekaligus mendukung agenda pertanian yang ramah lingkungan,” ucap Akil.

Saat ini, dua unit pompa air bertenaga surya telah dipasang dan mulai digunakan di lahan pertanian mitra. Teknologi ini memanfaatkan energi matahari yang melimpah di kawasan Desa Lempangang, sehingga dapat menggantikan pompa berbahan bakar minyak (BBM) yang selama ini digunakan.

Selain itu, inisiatif ini juga bertujuan untuk mengedukasi para petani tentang pentingnya adopsi teknologi modern dalam mengatasi tantangan perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya energi. Teknologi irigasi berbasis panel surya diharapkan mampu meningkatkan hasil panen dari 20 ton per tahun menjadi 30 ton per tahun.

Program ini merupakan bagian dari upaya jangka panjang untuk menciptakan pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di Desa Lempangang. Dukungan dari Universitas Negeri Makassar dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M UNM) telah menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi program ini. (ams)

News Feed