English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim PKM UNM Lakukan Pemberdayaan Pertanian Berkelanjutan Lewat Teknologi Pompa Irigasi Sawah Berbasis Tenaga Surya

FAJAR, GOWA — Dosen dan Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam Tim Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) yang akan melaksanakan pelatihan bagi petani di Aula Kantor Desa Lempangang pada Selasa, 24 September 2024.

Tim Pengabdi dari UNM terdiri dari tiga orang dosen Fakultas Teknik diantaranya adalah Ir. Muhammad Akil, S.Pd., M.T., IPM., (Dosen Mekatronika), Andi Baso Kaswar, S.Pd., M.Kom., (Dosen Teknik Komputer) dan Andi Alamsyah Rivai, S.Psi., M.Si (Dosen Teknologi Pertanian).

Mereka juga didampingi oleh lima mahasiswa yang ikut membantu, dua di antaranya merupakan mahasiswa MBKM mandiri universitas yang ikut dalam BKP penelitian dan riset.

Kegiatan ini dibuka secara langsung Sekretaris Desa Lempangang H Baharuddin Dg Nai yang menyampaikan bahwa ide dan gagasan inovasi teknologi berbasis panel surya sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini sebagai energi alternatif penghasil listrik menggunakan tenaga matahari.

“Sehingga keluarannya dapat disambungkan ke berbagai perangkat elektronik salah satunya pada motor pompa irigasi sawah berbasis panel surya,” katanya.

Baharuddin mencontohkan bahwa jika punya usaha ternak ayam pedaging yang membutuhkan konsumsi listrik cukup besar hanya untuk kebutuhan penerangan dan motor exhause, sehingga sangat tertarik juga dengan penggunaan teknologi panel surya di kandang ayamnya.

Kegiatan ini adalah pelatihan dan refreshing kepada petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sejahtera Desa Lempangang. Jumlah petani yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 29 orang.

News Feed