English English Indonesian Indonesian
oleh

Survei SSI: Andalan Hati Ungguli DiA

FAJAR, MAKASSAR – Lembaga Script Survei Indonesia (SSI) baru saja merilis hasil survei Pilgub Sulsel 2024. Hasilnya, elektabilitas pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) unggul jauh dari Moh Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad (DiA).

Survei yang dilakukan pada September 2024 tersebut menunjukkan bahwa Andalan Hati meraih elektabilitas sebesar 65,24 persen, sedangkan DiA berada di angka 16,10 persen.

Juru bicara Andalan Hati, Muhammad Ramli Rahim (MRR), menegaskan bahwa hasil survei ini mencerminkan keinginan masyarakat untuk melanjutkan kepemimpinan Andalan Hati, yang dinilai berpengalaman dan mampu memajukan Sulsel dengan karakter yang kuat.

“Sesuai dengan tagline kami, yaitu ‘Sulsel Maju dan Berkarakter,’ kami percaya survei ini merupakan wujud kepercayaan masyarakat terhadap Andalan Hati untuk memimpin Sulsel,” ujar Ramli pada Selasa, 24 September.

Lebih lanjut, Ramli menyatakan bahwa meskipun Andalan Hati telah diunggulkan dalam berbagai survei, pihaknya akan terus bekerja keras untuk meraih dukungan sebanyak-banyaknya. Mereka menargetkan perolehan suara hingga 75 persen.

“Kami akan terus bekerja maksimal sesuai dengan target Andalan Hati, yaitu meraih kemenangan hingga 75 persen,” tegasnya.

Ramli juga menambahkan bahwa survei SSI tidak hanya menyoroti elektabilitas kedua pasangan calon, tetapi juga menunjukkan basis dukungan suara mereka. Hasilnya, Andalan Hati unggul di 23 kabupaten/kota, sedangkan DiA hanya unggul tipis di Kota Makassar.

Keunggulan yang diraih oleh Andalan Hati dalam survei ini didukung oleh status Andi Sudirman sebagai petahana dalam Pilgub Sulsel. SSI mencatat bahwa masyarakat Sulsel secara umum merasa puas dengan kinerja Andi Sudirman selama menjabat sebagai Gubernur Sulsel pada periode 2021-2023.

“Mayoritas masyarakat Sulsel merasa puas dengan kinerja Andi Sudirman Sulaiman,” demikian pernyataan SSI. (wid/*)

News Feed