English English Indonesian Indonesian
oleh

Ribuan Jemaah Tarekat Khalwatiyah Samman Pattene Siap Dukung Danny Jadi Gubernur Sulsel

FAJAR, MAKASSAR – Calon Gubernur Sulawesi Selatan, Moh. Ramadan Danny Pomanto, mendapatkan dukungan dari Tarekat Khalwatiyah Samman Pattene.

Dukungan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel ini diberikan saat Danny menghadiri acara Maulid Nabi di rumah Syekh Andi Hidayat di Pattene, Kabupaten Maros, pada Selasa (23/9/2024).

Juru bicara tim Danny-Azhar, Asri Tadda, membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa ribuan jemaah Tarekat Khalwatiyah Samman telah memberikan restu kepada Danny Pomanto sebagai kandidat Pilgub Sulsel.

“Syekh Tarekat Khalwatiyah Samman bersama ribuan jemaah memberikan restu doa dan dukungan penuh kepada Danny Pomanto untuk menjadi Gubernur Sulsel,” ujar Asri, Selasa (24/9/2024).

Asri menjelaskan bahwa dukungan ini diberikan karena mantan Wali Kota Makassar dua periode itu dianggap memiliki perhatian khusus terhadap jemaah Tarekat Khalwatiyah Samman.

“Beliau dinilai memiliki perhatian khusus terhadap tarekat ini, serta menyaksikan mahabbah (cinta yang mendalam) dari jemaah kepada guru dan Nabi SAW. Alhamdulillah,” jelasnya.

Diketahui, dalam sejarahnya, Tarekat Khalwatiyah Samman dicetuskan oleh seorang ulama besar di Madinah bernama Syekh Muhammad Ibnu Abdul Karim Assamman sekitar abad ke-18. Ajaran tarekat ini menyebar hingga ke Nusantara dan berkembang di Sulawesi Selatan pada masa Kerajaan Turikale di Maros, di bawah raja keempatnya, Andi Sanrima Daeng Parukka.

Saat ini, jemaah Tarekat Khalwatiyah Samman telah mencapai puluhan ribu orang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan hingga Malaysia dan Brunei. Setiap tahun, puluhan ribu jemaah ini berkumpul di Maros untuk memperingati Maulid Nabi serta berziarah ke makam guru-guru tarekat yang berada di tiga lokasi berbeda. (*)

News Feed