English English Indonesian Indonesian
oleh

Lolos Festamasio Bandung, Teater Kampus Unhas Jawab Tantangan WR I Tampil di Nasional

FAJAR, MAKASSAR— UKM Teater Kampus Unhas (UKM TKU) dinyatakan lolos kurasi Festival Teater Mahasiswa Nasional (Festamasio) XI Jatinangor yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Gelanggang Seni Sastra Teater dan Film (GSSTF) Universitas Padjadjaran (UNPAD) mulai dari 13-24 November 2024, Bandung.

Sebelumnya Wakil Rektor (WR) I, Prof Ruslin menyaksikan langsung kedua pementasan yang akan dihadirkan pada dua festival teater mahasiswa, yaitu FTMI dan Festamasio dengan antusias menantang TKU agar berani tampilkan pementasan tersebut ke publik.

“Ada beberapa UKM yang kami lihat sudah dapat go public, TKU salah satunya. Kita biasanya tidak percaya diri, hanya yang menonton yang sesamanya saja (mahasiswa atau pencinta teater). Kita harus undang orang luar, termasuk dosen-dosen. Orang awam harus menikmati karya TKU,” katanya (25/08/24) usai menyaksikan pementasan TKU.

“Ini penampilannya sudah sangat luar biasa. Sudah tiga tahun saya nikmati. Coba promosinya dilempar lebih masif keluar, sehingga tanggung jawabnya lebih besar. Bukan sekedar produksi. Level harus naik dan memang perlu kerja keras itu yang saya harapkan kedepan. Kita tantang. Kalau ada rencana produksi, ayo kita diskusi, berapa budgetnya nanti akan kita bantu. Harus berani Go Publik, jangan kesannya kita hanya di kandang. Saya harap dosen Unhas banyak aktif dan menjadi pecinta seni,” sambungnya.

Setelah ditantang oleh WR I Unhas, TKU dinyatakan lolos kurasi Festamasio XI Bandung dan akan berkompetisi dengan 11 Lembaga Kesenian Mahasiswa, diantaranya UKM Teater Gabi’91 Universitas Sriwijaya, Sanggar Ar-Rumi Institut Agama Islam Darussalam, UKM Teater Yupa Universitas Mulawarman, UKM Teater Awal Bandung UIN Sunan Gunung Djati, Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang, Teater Institut Unesa Universitas Negeri Surabaya, Teater Titik Dua UKM Seni Universitas Negeri Makassar, UKM Batra Universitas Riau, Bengkel Sastra Dema JBSI FBS Universitas Negeri Makassar, dan UKM Teater Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

News Feed