English English Indonesian Indonesian
oleh

Bawaslu Bone Libatkan Mahasiswa agar Aktif dalam Pengawasan Pilkada

FAJAR, BONE- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bone melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi mahasiswa dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bone Tahun 2024, di Helios Hotel, Selasa 24 September 2024.

Kasubag Hukum, Humas, Datin Bawaslu Bone Vivin Sanjaya menyampaikan, latar belakang pelaksanaan kegiatan tersebut bahwa konteks pengawasan partisipatif yang dilakukan adalah untuk menjangkau masyarakat luas terhadap keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki Bawaslu Bone.

“Agar jangkauan Bawaslu ke lapisan masyarakat itu tersambung. Segmentasinya adalah kelompok masyarakat, kelompok disabilitas, kelompok pemuda, dan kelompok mahasiswa” jelas Vivin.

Menurut Vivin Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan mahasiswa secara umum meniliki pengaruh dan otoritas terhadap kebijakan kampus dan kebijakan kemahasiswaan.

“Itu ada di tangan BEM atau DEMA di beberapa kampus. Itulah yang menjadi poin penting yang melatar belakangi kegiatan kita pada hari ini” sambungnya.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi mahasiswa dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Bone dalam hal ini Alwi, dan didampingi oleh Koordinator Divisi Hukum dan Penyelsaian Sengketa Rohzali Putra Badaruddin, serta Koordinator Divisi SDMO Diklat Dr. Kamridah,

Dalam sambutannya Alwi mengucapkan terima kasih kepada perwakilan mahasiswa dari masing – masing kampus se-Kabupaten Bone yang hadir pada kegiatan tersebut.

“Hari ini kita sharing dan berdiskusi lebih komprehensif mengenai penyelenggaraan Pemilihan. Terdapat ilmu yang akan didapatkan khususnya bagaimana membangun ikatan moral untuk ikut berpartisipasi, dari hal tersebutlah akan muncul pioneer – pioneer pengawasan partisipatif” ujar Alwi

News Feed