English English Indonesian Indonesian
oleh

Unibos Bentuk Karakter Mahasiswa Kompetitif

FAJAR, MAKASSAR — Universitas Bosowa (Unibos) menerima 4.653 mahasiswa baru tahun ini. Mereka dibekali beberapa materi yang menekankan pada pembentukan karakter dan skill pada kegiatan pengenalan atau orientasi yang akan berlangsung sepekan, dimulai pada Senin 23 September 2024.

Salah satu poin yang ditekankan membentuk karakter maba menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing atau kompetitif. Rektor Unibos Prof. Dr. Batara Surya mengatakan Unibos menganut sistem pendidikan inklusi, jadi siapapun masyarakat yang akan berkuliah di Unibos akan diberikan peluang.

“Perlu ditegaskan lebih awal, kalau tahun ini kami berdiri pada prinsip nasionalisme. Semua orang berhak mendapatkan pendidikan layak dan bisa memanfaatkan Unibos,” jelasnya.

Menurut Prof Batara, prinsip dasar Unibos tiap tahun adalah meningkatakan kuota belajar. Makanya pihak kampus menciptakan pola yang dapat membuat mahasiswa yang masuk dan keluar dari kampus itu seimbang. Minimal menjalankan kuliah empat tahun lamanya.

Maba juga didik untuk siap bekerja, target ke depan yang akan dilakukan kampus yaitu akan mengembangkan beberapa gedung. Sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar.

Ketua Penerimaan Maba dan PKKMB Unibos, Dr. Burhan, S. Pd., M. Pd mengatakan dibandingkan tahun sebelumnya, minat masyarakat untuk berkuliah di Unibos kian meningkat. Tahun 2023 lalu, Unibos hanya menerima sebanyak 3.400 maba. Kini jumlah pendaftar naik 10 persen. Tak kalah menarik Unibos saat ini juga memberikan peluang berkuliah untuk mahasiswa asing, seperti dari Timur Leste, Zudan dan Turki. (wis/lin)

News Feed