English English Indonesian Indonesian
oleh

LPK Yawata Edukasi Senter Kembali Fasilitasi Tiga SMK Pelatihan Bahasa dan Budaya Jepang

FAJAR, MAKASSAR—Setelah sebelumnya melakukan penyiapan magang keluar Negeri bagi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yakni SMKN 7 Selayar, SMKN 3 Sidrap dan SMKN 3 Pangkep.

Kini Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Yawata Edukasi Senter yang berstatus LPK Sending Organizer (SO), kembali menjadi pelaksana pelatihan bahasa dan budaya Jepang.

Kali ini menggandeng SMKN 7 Pangkep, SMKN 1 Sidrap dan SMKN 5 Pinrang. Pembukaan pelatihan digelar di Pondok Madinah Jl Tamalanrea, Selasa, 24 September.

Pejabat Connsular Office Of Japan Makassar, Ohashi Koichi, M.P.A mengatakan sebelum magang ke Jepang, penting penguasaan dasar-dasar dulu. Mulai dari penguasaan bahasa Jepang, hingga budayanya.

Kata Ohashi, penting untuk mulai dari dasar hingga mahir bila ingin berkarir ataupun study di Jepang.

“Saya sangat senang dan bahagia bisa berkumpul bersama sama siswa/siswi SMK PK dan para pimpinan disekolah tersebut,” ucapnya.

Pimpinan LPK Yawata Education Center, Syarifuddin Tancyo mengatakan sama seperti sebelumnya siswa-siswi ini bakal menerima berbagai materi dari ahlinya.

Mereka diajar oleh dosen bahasa Jepang maupun orang-orang yang pernah ikut training ke Jepang

“Jadi ini untuk penguasaan bahasa Jepang N5 atau level bahasa Jepang yang dasar,” ungkapnya.

Syarifuddin juga mengatakan jika sangat diharapkan adanya transfer ilmu bila selesai mengikuti pelatihan tersebut. Yakni mengajarkan bahasa Jepang dikalagan sekolah masing-masing.

Pelatihan magang ke Jepang memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang berharga untuk masa depan. 
 
Kepala Sekolah SMKN 7 Pangkep. Drs H Muh Yani mengatakan pelatihan ini salah satu tujuannya yakni melatih siswa untuk memiliki mental yang kuat dan disiplin tinggi. Ini yang merupakan aspek penting dalam budaya kerja Jepang. 

News Feed