English English Indonesian Indonesian
oleh

KWN Fatimah Az-Zahra Belajar Membuat Media Pembelajaran dari Limbah

FAJAR, MAKASSAR-Sekolah Anak Percaya Diri (SAPD) yang berada di bawah naungan Kelompok Wanita Nelayan (KWN) Fatimah Az-Zahra, melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran dari limbah padat pada Minggu, 22 September 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) yang dipimpin Mariani Akhfar bersama tim dari Universitas Pancasakti Makassar.

Pelatihan ini mengusung tema “Perancangan Media Belajar Berbasis Metode Calistung dengan Memanfaatkan Limbah Padat untuk Anak-anak Korban Kekerasan di KWN Fatimah Az-Zahra.” Tujuan utamanya adalah untuk membantu anak-anak memanfaatkan limbah seperti kardus menjadi media belajar yang kreatif dan ramah lingkungan.

Dalam kegiatan ini, ada tiga tahapan yang dilalui. Pertama, sosialisasi mengenai jenis-jenis limbah yang dapat digunakan. Kedua, pelatihan mengenai pembuatan media pembelajaran, dan terakhir adalah pendampingan langsung dalam proses pembuatan media pembelajaran berbahan dasar limbah.

Mariani Akhfar, selaku ketua tim, menyampaikan pentingnya mengasah kreativitas anak-anak melalui penggunaan limbah sebagai bahan media belajar. “Dengan memanfaatkan limbah yang ada di sekitar kita, seperti kardus, kita dapat menciptakan media pembelajaran yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga mendukung proses belajar mereka,” ujar Mariani.

Selain itu, Mariani juga menambahkan bahwa kegiatan ini didukung oleh Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM), dan harapannya agar kegiatan ini dapat berkelanjutan, tidak hanya bagi anak-anak tetapi juga untuk ibu-ibu dan lansia yang berada di komunitas tersebut.

News Feed