English English Indonesian Indonesian
oleh

Undian Paslon Pilgub Sulsel Dua Kali: Nomor Antrean Dahulu, Baru Cabut Nomor Urut

FAJAR, MAKASSAR-Pengundian nomor urut bakal pasangan calon (Paslon) pada Pilgub 2024 dilangsungkan hari ini, Senin, 23 September. Undian bakal dilakukan dua kali.

Ketua KPU Sulawesi Selatan Hasbullah mengatakan, ada ada dua kali undian. Namun, bukan keduanya untuk undian nomor urut Paslon pada Pilgub serentak ini. Undian pertama, kata ia, masing-masing Calon Wakil Gubernur Paslon untuk mengambil undian nomor antrian. Dari nomor antrian tersebut akan ditentukan siapa Calon Gubernur pertama yang akan mengambil undian nomor urut.

“Mekanismenya ada 11 bola, karena bulan 11 (Pilkada serentak) nanti yang akan dipilih masing-masing wakil Paslon. Nanti akan kita lihat mana nomor paling rendah yang dicabut, dia yang akan mencabut nomor urut pertama,” ujar Hasbullah dalam Rapat Pleno Terbuka persiapan pengundian nomor urut Pilgub Sulsel, di Hotel Claro Makassar, Minggu, 22 September.

Diketahui, Pilgub ini hanya diikuti dua Paslon. Yakni Andi Sudirman Sulaiman – Fatmawati Rusdi dan Moh Ramdhan Pomanto – Azhar Arsyad. Masing-masing Cagub akan didampingi Cawagubnya dalam pengundian nomor urut.

“Pertama pengambilan nomor antrian. Setelah itu pengambilan nomor urut masing-masing paslon didampingi pasangan masing-masing,” ungkap Hasbullah.

Prosesi seremonial pembukaan rapat pleno terbuka pengundian nomor urut Paslon dimulai pada pukul 09.00 WITA. Dalam acara ini, KPU hanya memberi kuota 100 orang bagi masing-masing Paslon termasuk pengusung dan pendukungnya.

Setelah semua prosesi selesai, akan digelar pembacaan dan penandatanganan deklarasi kampanye damai. “Masing-masing Paslon akan diberi kesempatan sambutan selama 10 menit terkait proses pencabutan nomor urut,” ungkap Hasbullah. (uca/*)

News Feed