English English Indonesian Indonesian
oleh

Makna Nomor Urut 4 bagi Pasangan AMAN

FAJAR, MAKASSAR – Semua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassaar sudah mencabut nomor urutnya masing-masing. Dalam hal ini, Muhammad Amri Arsyid-Abdul Rahman Bando (AMAN) mendapatkan nomor urut 4.

Bagi Amri Arsyid, nomor ini tidak ada salahnya. Sebab menurutnya, semua nomor sama saja, hanya bagaimana mereka akan mengolah nomor urut sebagai representase pasangan itu sendiri.

Amri menilai, nomor 4 punya makna bagus karena mengandung spirit untuk masyarakat Makassar. Ini juga akan mudah diidentikkan dengan kedaerahan, yaitu Appakabaji dan Appa Sulapa.

“Alhamdulillah, pengambilan nomor urut sudah selesai dan kami dapat nomor 4. Ini bagus karena di Makassar juga kita mengenal yang namanya Appakabaji dan Appa Sulapa. Tentu ini menjadi spirit juga buat kami untuk warga Kota Makassar,” ujarnya, Senin, 23 September, sore.

Diketahui, Appakabaji sendiri identik dengan makna memperbaiki atau membenahi. Sehingga, keterkaitan antara nomor urut 4 dan Appakabaji ini diharapkan bisa menjadikan pasangan AMAN sebagai solusi bagi warga Makassar untuk melakukan pembenahan.

Selain itu, Appa Sulapa bagi orang Bugis-Makassar klasik yang dikenal sebagai simbol unsur alam semesta, yaitu air, api, angin, dan tanah. Dengan begitu, AMAN di sini hadir untuk menyeimbangkan saat menjadi pemimpin, untuk saling melengkapi apa yang menjadi kurangan di Kota Makassar.

“AMAN ini kan hadir bukan untuk menggurui, mengajari, atau menjadi bos untuk masyarakat Makassar. Kami hadir untuk melayani, berbenah, melanjutkan yang baik, melengkapi yang kurang, agar kota kita ini bisa menjadi kota yang aman dan sejahtera,” tegasnya.

News Feed