English English Indonesian Indonesian
oleh

Inovasi Teknologi Modular dan Bioflok pada Pembudidaya Ikan Nila dan Ikan Lele di Kolam Terpal

FAJAR, MAKASSAR-Dosen dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Institut Teknologi dan Bisnis Maritim Balik Diwa Makassar berkolaborasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilaksanakan di Desa Paccelekang, Kecamatan Patallasang, Kabupaten Gowa. Mitra sasaran dalam kegiatan ini adalah kelompok pembudidaya ikan BUMDes Bumi Paccellekang Sejahtera.

Kegiatan ini dibiayai oleh DRTPM Kemendikbudristek Tahun Anggaran 2024 dengan judul PkM “Inovasi Teknologi Modular dan Bioflok pada Pembudidaya Ikan Nila dan Ikan Lele di Kolam Terpal”. Ketua tim kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ir. Jayadi, M.P. (UMI), dengan anggota tim Dr. Ir. Ida Rosada, M.Si. (UMI), dan Dr. Nursyahran, S.Pi., M.Si. (ITBM).

Menurut Prof. Jayadi, kegiatan ini mencakup pembimbingan pemasangan enam buah kolam terpal bulat berdiameter tiga meter di lokasi edukasi wisata BUMDes. Dia menjelaskan bahwa tujuan utama PkM ini adalah inovasi teknologi modular dan bioflok untuk budidaya ikan nila dan ikan lele di kolam terpal.

Aspek teknis yang akan dicapai adalah edukasi dan bimbingan teknis kepada kelompok pembudidaya ikan di Desa Paccelekang, yang meliputi pembuatan kolam terpal bulat, pelatihan pembuatan bioflok, budidaya ikan nila dan ikan lele dengan sistem modular, serta pelatihan manajemen pembukuan dan pemasaran. Kegiatan ini juga terkait dengan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), yang memberikan wadah bagi mahasiswa untuk belajar menyelesaikan masalah mitra sekaligus melatih diri dalam berwirausaha dan melaksanakan praktek kerja lapang.

News Feed