English English Indonesian Indonesian
oleh

Guru dan Siswa SMA Negeri 5 Gowa Tingkatkan Kompetensi Melalui Program EMI

FAJAR, GOWA– Tiga dosen dari Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di SMA Negeri 5 Gowa dengan tema “Peningkatan EMI (English as Medium of Instruction) dalam Membentuk Guru Kompetitif dan Pengajaran Berstandar untuk Mencapai Pendidikan Bermutu Berdasarkan SGDs.” Kegiatan ini didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun anggaran 2024.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di sekolah. ,

Kepala Sekolah, Sudarman membuka acara dengan menekankan pentingnya pendidikan berkualitas sesuai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Dipimpin Akhmad Affandi bersama dua dosen UNM, Andi Muhammad Fadlih dan Auliyanti Sahril Nurfadhilah, kegiatan ini dirancang untuk memperkenalkan dan melatih penggunaan Bahasa Inggris dalam pembelajaran sehari-hari. Sesi pelatihan meliputi:

Introduction to EMI: Pentingnya Bahasa Inggris dalam pendidikan modern.

The Importance of EMI in Senior High School: Peran EMI dalam mempersiapkan generasi masa depan yang kompetitif di tingkat global.

Practicing Using EMI: Pelatihan penggunaan frasa Bahasa Inggris dalam tiga tahapan pembelajaran: opening, main activity, dan closing.

Sesi praktik ini memberikan kesempatan kepada guru dan siswa untuk berinteraksi menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks pembelajaran.

Murniati, guru Matematika, menyatakan bahwa pelatihan ini sangat membantu dalam menerapkan EMI, terutama dalam pembukaan dan penutupan kelas. Sementara itu, Hasyim, guru Bahasa Inggris, menyebutkan bahwa kegiatan ini memberikan peluang dalam penerapan EMI yang bermanfaat untuk kegiatan belajar mengajar.

News Feed