English English Indonesian Indonesian
oleh

293.827 Pemilih di Wajo, DPT Bertambah 750 Suara

FAJAR, WAJO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wajo menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 293.827 suara. Angka tersebut meningkat dibandingkan Pemilu sebelumya.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Devisi Data dan Perencanaan KPU Wajo, Andi Raehana usai melakukan pleno DPT di Hotel Sermani Sengkang, Jumat, 20 September.

Kata dia, 293.827 suara yang digunakan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wajo pada 27 November 2024 mendatang, terbagi laki-laki 140.122 suara dan perempuan 153.705 suara.

“Terjadi peningkatan DPT di Pilkada Waj0 750 suara, jika dibandingkan pada Pilpres dan Pileg lalu hanya 293.077 suara,” ujarnya.

Dia menjelaskan, DPT tersebut merupakan hasil dari Daftar Pemilih Sementara (DPS), selanjutnya menjadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), yang ditetapkan secara berjenjang dari PPS hingga tingkat kecamatan PPK.

“Meski ada dinamika selama tahapan perbaikan. Namun pleno dari PPS ke PPK hingga tingkat kabupaten berjalan lancar,” jelasnya.

Terkait dinamika berupa rekomendasi yang dikeluarkan Bawaslu Wajo. Komisioner KPU Wajo lainnya, Nasaruddin Zailani mengaku, sudah menindak lanjuti atau sudah melaksanakannya.

“Ada DPT yang mulanya warga sipil, kemudian lolos menjadi polisi. Jadi terpaksa kami TMS kan,” ucapnya.

Sementara bertambah DPT, dikarenakan adanya potensi pemilih pemula yang usianya akan memenuhi syarat menjadi pemilih sebelum pencoblosan 27 November mendatang. (man)

News Feed