English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim PKM Unismuh Makassar Edukasi Guru Manfaatkan Teknologi dalam Mengajar

FAJAR, MAKASSAR- Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar membantu para guru dan siswa memanfaatkan teknologi secara efektif dalam proses pembelajaran. Tujuannya, meningkatkan literasi digital di sekolah-sekolah maupun pesantren.

Salah satu sekolah yang disasar adalah Pesantren Darul Fallah Bissoloro, Kabupaten Gowa. Para guru dibekali dengan pelatihan. Ketua tim PKM Unismuh Makassar, Dr. Muh. Arief Muhsin menuturkan, program pelatihan literasi digital yang diberikan mencakup adaptasi penggunaan sistem teknologi informasi dan machine learning.

Para guru, kata dia, mendapat kesempatan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung proses belajar mengajar.

Anggota Tim PKM Unismuh Makassar, Lukman Anas MT, Kamis, 19 September 2024 menambahkan, program tersebut membantu para guru dan santri dalam memanfaatkan teknologi secara bijak dan berkelanjutan. Pelatihan ini juga membuka wawasan baru bagi para guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam metode pengajaran.

Salah satu keuntungan utama dari penerapan machine learning dalam pendidikan adalah kemampuan untuk mempersonalisasi pengalaman belajar setiap siswa. Anak-anak memiliki kecepatan belajar dan cara memahami yang berbeda-beda.

Menurut dia, beberapa siswa mungkin memahami materi dengan cepat, sementara yang lain memerlukan waktu lebih lama dan penjelasan lebih mendalam. Di sinilah AI berperan besar. “

Dengan memanfaatkan algoritma yang mampu menganalisis pola belajar dan performa siswa, AI dapat menyesuaikan tingkat kesulitan materi, memberikan latihan tambahan untuk siswa yang mengalami kesulitan, atau memberikan tantangan lebih kepada siswa yang sudah menguasai materi,” jelasnya.

News Feed