English English Indonesian Indonesian
oleh

PTP Nonpetikemas Prioritaskan Keselamatan dan Keamanan dengan Target Zero Fatality

FAJAR, JAKARTA — PT Pelabuhan Tanjung Priok atau dikenal dengan PTP Nonpetikemas berkomitmen untuk terus memperkuat standar keselamatan, kesehatan, keamanan, dan lingkungan (Health, Safety, Security, and Environment/HSSE).

Komitmen tersebut diperkuat dalam seluruh operasional pelabuhan. Langkah ini bertujuan untuk memastikan proses bisnis yang aman dan berkelanjutan.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PTP Nonpetikemas, Dwi Rahmad Toto S, menyampaikan bahwa sebagai bagian dari Pelindo Group, PTP Nonpetikemas menjalankan transformasi dan standarisasi di 11 cabang dengan fokus pada enam pilar utama: Proses, Sumber Daya Manusia, Teknologi, Peralatan, Infrastruktur, dan HSSE.

“Upaya peningkatan HSSE ini termasuk berbagai inisiatif, seperti penyediaan rambu keselamatan, kewajiban penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), pelaksanaan briefing keselamatan, inspeksi manajemen, dan patroli rutin, dengan target utama tercapainya zero fatality,” katanya.

“PTP Nonpetikemas juga menerapkan budaya ‘Safety is everyone’s responsibility’, di mana keselamatan menjadi prioritas di setiap kegiatan operasional,” terang Toto.

Lebih lanjut Toto menuturkan, adapun contoh sukses penerapan HSSE di PTP Nonpetikemas berupa semangat “Datang Selamat, Kerja Selamat, Pulang Selamat,” yang mencakup keselamatan pekerja, kapal, barang, peralatan operasional, lingkungan, serta fasilitas.

“PTP Nonpetikemas juga aktif mengidentifikasi dan memitigasi risiko utama seperti kecelakaan kerja, pencemaran lingkungan, gangguan keamanan, serta risiko kesehatan dan hukum melalui berbagai program preventif, termasuk pemeriksaan kesehatan dan pemantauan kualitas lingkungan,” tambahnya.

News Feed