English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa PPG FKIP Unismuh Makassar Pamerkan Inovasi Pendidikan dan Lingkungan

FAJAR, MAKASSAR—Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, menyelenggarakan acara “Gelar Karya PPG”. 

Acara ini menampilkan berbagai karya inovatif, dari para peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Unismuh Makassar Gelombang 1 tahun 2024. Berlangsung di Gedung Balai Sidang Unismuh Makassar, Selasa, 17 September 2024.

Sebanyak 510 mahasiswa PPG angkatan 1 tahun 2024, mengikuti acara ini. Mereka terbagi menjadi menjadi 18 kelas, yang terdiri dari 13 kelas dari bidang studi PGSD, 2 kelas Bahasa Indonesia, 2 kelas Matematika, dan 1 kelas PPKn.

Ketua Prodi PPG Unismuh Makassar, Dr Andi Paida, menjelaskan yang dipamerkan meliputi media pembelajaran interaktif, alat peraga pendidikan berbasis teknologi, serta metode pengajaran kreatif yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Selain itu, ada beragam produk yang berorientasi pada penguatan ekosistem hijau dan penanganan sampah, seperti penggunaan ecoprint motof cetakan baju kaos dan olahan sampah plastik. Ada juga pemanfaatan minyak jelantah sebagai sabun dan lilin aromaterapi. 

“Inovasi-inovasi tersebut ditampilkan dalam 18 stand, dan tiap stand diisi 3 kelompok,” ucapnya.

Kata dia, setiap proyek yang ditampilkan adalah bagian dari mata kuliah Proyek Kepemimpinan. 

Selain menggelar gelar karya, luaran mata kuliah Proyek Kepemimpinan adalah artikel pada jurnal pengabdian masyarakat.

Wakil Dekan I FKIP Unismuh, Dr Baharullah, menyinggung bahwa Mata Kuliah tersebut bertujuan mengasah kepemimpinan dan kemampuan menyelesaikan masalah.

News Feed