English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen FT UNM Implementasikan Smart Windmill Pump pada Petani Tambak Garam

FAJAR, JENEPONTO — Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di di Kelurahan Bontorannu Kabupaten Jeneponto.

Kegiatan dengan judul “Pemberdayaan Berbasis Masyarakat: Implementasi Smart Windmill Pump pada Tambak Garam” pada Sabtu, 14 September.

PKM ini diketuai oleh Aminuddin, M.Pd, dengan dua anggota lainnya, Prof. Ir. Amiruddin, S.T.,M.T.,IPM, dan Ir. Muhammad Akil, S.Pd.,M.T.,IPP.

Ketu Tim Aminuddin mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai pemecahan masalah yang dirasakan petani garam pada Kelompok Tani Bajiminasa.

Seperti, pompa baling-baling yang tidak tahan lama akibat cuaca dan kondisi lingkungan, kemudian keamanan petani dalam menggunakan dan mengontrol pompa baling-baling.

“Petani juga masih kurang pemahaman terhadap perawatan pompa baling-baling,” katanya.

Aminuddin menjelaskan bahwa Smart Windmill Pump adalah pompa air yang digunakan oleh petani agar dapat memompa air asin untuk dimasukkan pada kolam tambak garam.

“Prinsip kerjanya memanfaatkan energi angin yang memutar bilah baling-baling dan menghasilkan putaran yang kemudian diubah menjadi gerak linear (naik turun) untuk memompa air asin,” jelasnya.

Aminuddin mengucapkan bahwa perbedaan dari pompa air lainnya, pompa air ini selain memiliki daya tahan yang lebih lama terhadap kerusakan akibat cuaca dan kondisi lingkungan pompa ini dilengkapi mekanisme pengereman manual.

“Smart windmill pump ini dilengkapi mekanisme pengereman manual yang dapat meminimalisasi potensi kecelakaan yang dapat menimpa petani garam,” tambahnya. (ams)

News Feed