English English Indonesian Indonesian
oleh

Bangkitkan Minat Baca Anak, Badan Bahasa Gelar Pertemuan Penulis Komik

Hafidz berharap agar kegiatan ini menghasilkan komik berkualitas yang akan diluncurkan pada perayaan Bulan Bahasa dan Sastra pada 28 Oktober 2024. “Semoga proses penulisan bisa cepat, baik, lancar, dan akan kita luncurkan pada perayaan Bulan Bahasa dan Sastra pada 28 Oktober tahun 2024,” harapnya.

Kepala Badan Bahasa, E Aminudin Aziz, mengungkapkan bahwa minat baca di Indonesia rendah salah satunya karena kurangnya bahan bacaan. Badan Bahasa terus berkomitmen menjalankan program untuk meningkatkan literasi bangsa, yaitu dengan pengiriman buku bacaan bermutu ke wilayah 3T, pelatihan penulis komik, serta memanfaatkan platform digital untuk menyediakan bahan bacaan bermutu.

Selain itu, menurut Amin literasi tidak hanya tentang kemampuan baca tulis namun literasi adalah tentang kemampuan mengemas informasi untuk meningkatkan kualitas hidup. Dia juga menekankan pentingnya pembacaan berkelanjutan bagi anak-anak, dari mendengarkan hingga mengkritisi bacaan.

“Literasi itu penting dan tidak hanya sekadar kemampuan baca tulis saja, tetapi literasi adalah kemampuan seseorang menerima, mengolah informasi baik itu tekstual maupun nontekstual, kemudian ia manfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidupnya,” kata Amin.

Lebih lanjut, Aminudin berharap para peserta dapat menciptakan komik yang berkualitas dan menekankan tanggung jawab dalam menghasilkan karya terbaik. “Saya titipkan tanggung jawab ini kepada Anda untuk menciptakan komik yang sebaik mungkin,” tutupnya. (edo)

News Feed