English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim Pengabdian Fakultas MIPA Libatkan Anak Jalanan Buat Mini Project Sains Berbasis Biologi

FAJAR, MAKASSAR- Sejumlah mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) menunjukkan pengabdiannya dengan melatih anak jalanan membuat mini project yang benilai manfaat.

Di antaranya produk berbasis Biologi yaitu tape jusinta, eskrim tape jusinta dan nata de coco. Adapula pembuatan produk yang berbasis Fisika seperti Lampu hias dan Kipas Angin Mini.

“Kita juga telah membuat produk berbasis kimia yaitu sabun cuci piring,” kata Ketua Pengabdian Fakultas MIPA UNM, Rifda, SPd MPd, Kamis, 19 September.

Ia menyampaikan semua mini project itu telah dipamerkan di Menara Phinisi UNM dalam Pameran Pendidikan memperingati Dies Natalis ke-63 UNM, 5-8 Agustus 2024 lalu.

Dimana produk tersebut mendapat apresiasi dari pengunjung pameran dari berbagai kalangan, terutama terhadap produk-produk kreatif itu dibuat dari hasil karya anak jalanan yang telah menjalani pelatihan.

Maka pihaknya menyampaikan pada agenda pameran mendatang, semakin banyak inovasi yang bisa dipamerkan sehingga cakupan dan dampaknya bisa lebih luas.

“Sebab pameran semacam ini tidak hanya menjadi ajang unjuk bakat, tetapi juga simbol keberhasilan dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat (anak jalanan),” kata Rifda.

Dia menyampaikan bentuk apresiasi measyarakat itu misalnya sampai saat ini lampu hias yang dipamerkan bahkan telah terjual sedikitnya 9 buah.

Begitu juga sabun cuci piring sebanyak 3 buah, dan es krim serta nata de coco yang cukup banyak terjual saat pameran dan hingga saat ini.

Karenanya saat ini, anggota pengabdian Fakultas MIPA UNM ini mendampingi anak anak tersebut untuk membuat akun penjualan secara online di beberapa akun platform.

News Feed