English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor Unhas Bersama Menteri Pembangunan Inggris Kunjungi Jejak Alfred Wallace di Maros

FAJAR, MAKASSAR-Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., bersama UK Minister for Development, Ms. Anneliese Dodds, melakukan kunjungan bersejarah ke situs rumah Alfred Wallace di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Kegiatan berlangsung di kawasan situs Alfred Wallace, Kabupaten Maros, Kamis (19/09). Turut hadir Bupati Maros H.A.S. CHAIDIR SYAM, S.IP., M.H, dan beberapa perangkat daerah Kabupaten Maros.

Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa dalam sambutannya menyampaikan, jejak situs rumah Wallace memiliki nilai historis dan ekologis yang tinggi. Dirinya menuturkan, sangat banyak pelajaran yang dapat diambil dari perjalanan ekspedisi sains yang dilakukan Wallace, yang kemudian menjadi dasar bagi banyak karyanya tentang seleksi alam.

Lebih lanjut, Prof JJ menuturkan dengan jejak Alfred Wallace di Maros, dapat memacu semangat kolaborasi antara Unhas dan lembaga akademik serta pemerintah Inggris untuk terus mengembangkan riset lingkungan keberlanjutan. Jejak Wallace di Maros adalah simbol bagaimana keanekaragaman hayati Indonesia dapat menjadi pusat perhatian global.

“Tempat ini bukan sekadar bagian dari masa lalu, tetapi juga simbol penting bagi pendidikan dan penelitian di masa depan. Kami berharap ini dapat menginspirasi lebih banyak penelitian yang mendalam tentang biodiversitas Sulawesi dan kawasan sekitarnya,” jelas Prof JJ.

Ms. Anneliese Dodds memberikan apresiasi atas sambutan hangat dari pemerintah Kabupaten Maros dan Rektor Unhas. Dodds mengungkapkan rasa kagumnya terhadap kekayaan alam serta sejarah ilmiah yang dimiliki Maros. Menteri Pembangunan Inggris ini menyebutkan perlunya kerjasama untuk pelestarian alam dan pembangunan berkelanjutan di masa depan.

News Feed