English English Indonesian Indonesian
oleh

Menteri Pembangunan Inggris Kagumi Kekayaan Alam Maros

FAJAR, MAKASSAR— Rektor Unhas Makassar Prof Jamaluddin Jompa bersama Menteri Pembangunan Inggris, Anneliese Dodds menyambangi situs rumah Alfred Wallace di Kabupaten Maros, Kamis, 19 September 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Anneliese Dodds mengungkapkan rasa kagumnya terhadap kekayaan alam serta sejarah ilmiah yang dimiliki Maros. Ia menyebutkan perlunya kerja sama untuk pelestarian alam dan pembangunan berkelanjutan di masa depan.

“Saya sangat terkesan dengan potensi besar yang dimiliki Maros dalam mendukung riset terkait keanekaragaman hayati. Alfred Wallace memberikan dunia wawasan berharga tentang evolusi,” jelas Ms. Dodds.

Selain mengunjungi jejak situs Rumah Alfred Wallace, Prof Jamaluddin Jompa bersama Anneliese Dodds didampingi pejabat pemkab Maros ke Leang Bulu Buttae, salah satu kawasan gua karst di Maros.

Dalam kunjungan ini, melihat langsung para peneliti dan arkeolog melakukan pengumpulan tanah dan batu untuk penelitian.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc menuturkan jika jejak situs rumah Wallace memiliki nilai historis dan ekologis yang tinggi. Dirinya menuturkan, sangat banyak pelajaran yang dapat diambil dari perjalanan ekspedisi sains yang dilakukan Wallace, yang kemudian menjadi dasar bagi banyak karyanya tentang seleksi alam.

“Dengan jejak Alfred Wallace di Maros, dapat memacu semangat kolaborasi antara Unhas dan lembaga akademik serta Pemerintah Inggris untuk terus mengembangkan riset lingkungan keberlanjutan,” ucapnya.

Jejak Wallace di Maros adalah simbol bagaimana keanekaragaman hayati Indonesia dapat menjadi pusat perhatian global.
“Tempat ini bukan sekadar bagian dari masa lalu, tetapi juga simbol penting bagi pendidikan dan penelitian di masa depan. Kami berharap ini dapat menginspirasi lebih banyak penelitian yang mendalam tentang biodiversitas Sulawesi dan kawasan sekitarnya,” jelas Prof JJ. (*/wis)

News Feed