English English Indonesian Indonesian
oleh

Film “Solata” Diangkat dari Filosofi Orang Toraja: Lebih dari Sekadar Teman

FAJAR, MAKASSAR-Walma Pictures mempersembahkan Film “Solata”. Arti “Solata” berasal dari bahasa Toraja yang memiliki arti “lebih dari teman”. Lebih jauh istilah ini merujuk pada seseorang yang dianggap sebagai keluarga sendiri.

Film dari Ichwan Persada yang diproduksi Indonesia Sinema Persada. Pemainnya, Rendy Kjaernett, Rachel Natasya ex JKT-48, Fhail Firmansyah, Iskandar Andi Patau, Harsya Soebandrio, Ayu Siramba. Ada juga Aty Kodong, Muchlis Patahna (Ketua Umum BPP Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan), serta Sese Liwang.

Sutradara, Ichwan Persada dalam Film “Solata” menggandeng Rendy Kjaernett sebagai pemeran utama. Aty Kodong turut ambil peran dalam film ini. Ichwan mengungkapkan, mereka baru saja menyelesaikan pengambilan gambar untuk film ini. Pengambilan video dilakukan selama 14 hari di Jakarta, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Palopo. Objek wisata Ollon menjadi lokasi syuting utama.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata. Berawal dari ulasan media yang mengangkat masalah tentang bangunan sekolah yang mirip kandang. Isu sosial tentang pendidikan dan keluarga menjadikan film ini menarik dan mengedukasi. Cerita yang diangkat juga mengandung sindiran halus.

Hal ini terungkap saat kru film Solata melakukan kunjungan ke Redaksi Harian Fajar pada Rabu, 18 September 2024. Mereka membahas film “Solata” yang akan tayang akhir tahun ini.

“Kami baru saja menyelesaikan pengambilan gambar film Solata setelah syuting selama 14 hari di Jakarta, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Palopo dari tanggal 22 Juli hingga 5 Agustus,” ujar Ichwan Persada.

News Feed