English English Indonesian Indonesian
oleh

P5 SMP Islam Athirah Bone, Siswa Belajar Ilmu Robotika

FAJAR, BONE — Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kembali digelar SMP Islam Athirah Bone. Kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari, 17-20 September, mengusung tema Robotik Sederhana.

Berbeda dari sebelumnya tahun Ajaran 2024/2025 ini P5 akan digelar di semua kelas, mulai kelas VII hingga kelas IX.

Seluruh mengawali kegiatan dengan mengikuti kelas klasikal perihal teknis dan rundown pelaksanaan kegiatan yang dipandu oleh Mutiara, SPd.

Alumnus Informatika UNM Makassar tersebut menggagas tema robotik karena cukup unik dan akan menjadi pengalaman baru bagi siswa.

“Insyaallah ini akan menarik karena merupakan pengalaman pertama anak-anak akan bergelut dengan dunia robotik,” ungkap guru yang aktif di Komunitas Media SMP Islam Athirah tersebut.

Mutiara menerangkan proyek tersebut mengajak siswa untuk merancang dan membangun robot sederhana dengan memanfaatkan berbagai material yang mudah didapat dan alat-alat elektronik dasar.

Melalui proses membangun robot, siswa diajak untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, kreatif, dan kritis dalam memecahkan masalah.

“Siswa akan belajar tentang dasar-dasar robotika, pemrograman sederhana, dan cara mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam membangun robot yang dapat menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Misalnya, robot yang dapat melompat, berjalan, atau menghindar rintangan,” lanjutnya.

Dalam pelaksanaannya, setiap level kelas akan mendapatkan tugas robotik yang berbeda. Siswa kelas VII tugasnya adalah robotik menggunakan mesin dinamo yang mengandalkan energi terbarukan.

News Feed